Sabtu, 12 Oktober 2013

GUNUNG KELUD DAN LEGENDA CERITA

GUNUNG KELUD

Fenomena Gunung Kelud
PANORAMA KAWAH GUNUNG KELUD YANG INDAH
Gunung Kelud, siapa yang tidak kenal dengan gunung di Jawa Timur ini. Kelud adalah salah satu gunung berapi yang masih aktif dan terletak di desa Sugih Waras Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri, tepatnya di perbatasan kabupaten Kediri dan Blitar, 27 Km dari arah timur Kota Kediri. Sempat jadi bahan perbincangan terkait dengan status batas administrasi wilayah yang di klaim oleh kedua Pemerintah Kabupaten Kediri dan Kabupaten Blitar. Namun permasalahan ini biarlah menjadi kewenangan para pihak-pihak yang terkait dan pemimpin wilayah untuk dapat bersama-sama duduk untuk memusyawarahkan tentang permasalahan ini.  
PROSES ERUPSI KAWAH MENJADI ANAK GUNUNG KELUD
Perlu diketahui Setelah letusan terakhir di tahun 2007, kini gunung yang sangat fenomenal ini setelah terjadi erupsi kini memiliki kubah baru yang dinamakan dengan apa yang disebut Anak Gunung Kelud, yang terbentuk dari sebuah benda hitam yang ada di tengah danau yang ada sebelum letusan. Sebelum terjadi letusan, Gunung Kelud, memiliki kawah berwarna hijau yang indah dan menawan, namun sekarang G. kelud sendiri sudah bertransformasi yang dahulu danau menjadi kubah baru dengan tingginya kurang lebih 300 m.
Gerbang 1 Wisata Gunung Kelud
Rute untuk menuju ke Gunung kelud bisa di lalui dari arah Kediri menuju Wates - Margomulyo - Bambingan hingga Jurang Gelap atau Gunung Pedot. Dari Jurang Gelap ke kubah baru berjarak sekitar 2 Km dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Perlu diketahui untuk mencapai lokasi gunung sendiri untuk para wisatawan disediakan pula bus wisata mini yang siap untuk digunakan sebagai akomodasi yang terletak di rest area 1.
Dengan tinggi 1730 M dari permukaan laut, Gunung Kelud dengan penampilan barunya yang kian cantik, bisa mendatangkan banyak pengunjung yang ingin selalu melihat keelokannya. Selain keindahan Gunung Kelud, disekitarnya juga terdapat obyek yang bisa dikunjungi, seperti, Area Perkebunan, Panjat Tebing, Lintas Alam, Bumi Perkemahan, Sumber Mata Air Hangat, Danau Baru Kelud Dan Hijaunya Nuansa Alam Pedesaan. Dikawasan ini juga ada satu jalan yang Misterius!!! Adalah jalanan yang bisa membuat kendaraan kita berjalan sendiri meskipun kita sudah mematikan mesin kendaraan kita. Aneh tapi hal itu nyata adanya dan sampai saat ini pun fenomena ini masih bisa dibuktikan.
DEWI KILISUCI
Sedikit menguak sejarah cerita yang ada, G. Kelud juga menyimpan kisah pengkhianatan cinta antara putri Raja Kediri dengan Lembu Suro. Alkisah Gunung Kelud tak bisa dilepaskan dari sejarah yang terjadi pada masa Kerajaan Kediri. Saat itu seorang putri raja Kediri, yang bernama DEWI KILISUCI dilamar oleh 2 Raja yang bukan berasal dari bangsa manusia, yaitu Lembu Suro dan Mahesa Suro. Wajar pinangan ini ditolak oleh Putri Kilisuci karena memang perbedaan antara keduanya. Namun dengan segala tipu dayanya Dewi Kilisuci berhasil menghindari pinangan yang tidak wajar itu dari kedua raja tersebut.
Atas kegagalan dan tipu daya Dewi Kilisuci itulah, Lembu Suro sempat mengucapkan kutukan kepada orang Kediri; 

‘’YOH WONG KADIRI, MBESUK BAKAL PETHUK PIWALESKU SING MAKAPING KAPING, YOIKU KEDIRI BAKAL DADI KALI, BLITAR DADI LATAR, TULUNGAGUNG BAKAL DADI KEDUNG’’
 yang artinya
‘’Ingat Orang Kediri, Akan Ada Hari Pembalasanku Yang Tak Terbatas, Yaitu Kediri Akan Jadi Sungai, Blitar Akan Jadi Daratan, Dan Tulungagung Akan Jadi Danau.

Perwujudan Patung Dewi Kilisuci
Kutukan ini berarti kelak akibat dari letusan Gunung Kelud akan mengakibatkan daerah-daerah yang berada disekitar lereng kelud akan mengalami kerusakan yang sangat dahsyat, ini yang mendasari anggapan masyarakat sekitar jika Letusan G. Kelud merupakan akibat amarah dari Raja Lembu Suro. Dengan adanya cerita ini pula, berarti bisa dikatakan bahwa Lembu Suro dan Mahesa Suro masih mendiami dan berdiam di Gunung Kelud, hal ini menjadi bagian dari sebuah legenda cerita rakyat yang berkembang sampai saat ini di Daerah Gunung Kelud dan sekitarnya.
Semoga artikel ini menambah pengetahuan kita tentang sejarah asal usul dan legenda yang berkembang di masyarakat Kediri terkait cerita dibalik fenomena terjadinya salah satu gunung yang masih aktif  sampai sekarang di Jawa Timur.

Beberapa Koleksi Foto Pribadi di Gunung Kelud

Kubah Anak Gunung Kelud Dari Dekat

Kubah Anak Gunung Kelud Dari Dekat


Bebatuan hasil erupsi Anak Gunung Kelud Dari Dekat

Bebatuan hasil erupsi Anak Gunung Kelud Dari Dekat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar