Rabu, 09 Oktober 2013

CARA MERESET MANUAL PRINTER CANON IP 1980



CARA MERESET MANUAL PRINTER CANON IP 1980


Untuk kali ini saya akan coba membagi cara tips dan trik bagaimana cara mengatasi masalah yang sering terjadi pada printer kita, khususnya printer yang saya pakai saat ini adalah printer CANON IP 1980 walaupun printernya sudah termasuk lama tapi paling tidak pernah baru juga hahahahahahahah…. yang terkadang kita bingung bagaiman cara memperbaiki sendiri setidaknya untuk kita yang malas pergi bolak balik ke tempat servis padahal kita bisa menyelesaikan sendiri dengan sedikit usaha dan kemauan.

Baik untuk selanjutnya langsung aja kita ke pokok permasalahan, biasanya printer Canon seri IP 1980 ini sering mengalami masalah yaitu apa yang biasa kita sebut  sebagai “blinking” apa itu blinking, blinking yaitu adalah keadaan dimana indicator pada tombol resume dan power printer berkedip orange secara bergantian ataupun bisa dikatakan berkedip bergantian antara indicator tombol power dan resume berkedip secara bergantian dengan ditandai adanya peringatan dilayar monitor.

Ok untuk artikel kali ini saya akan kupas tentang masalah bagaimana mereset manual printer Canon IP 1980, kebetulan kemarin ada teman saya sebut saja “YOSI dan RIZKY” mereka berdua kebetulan sama-sama bekerja di sebuah instansi kantor yang sama NAH printer kantor yang mereka pakai adalah merk CANON IP 1980, yang bermasalah dengan apa yang saya sebutkan diatas tadi “BLINKING” dengan peringatan




‘’The waste  ink absorber is almost full. Press the printer’s RESUME button to continue printing. Contact the service center’’
yang singkatnya tinta nya meluber kejadian ini sama seperti apa yang terjadi pada computer saya dan untungnya bisa diatasi. Oke… langsung saja, untuk mengatasi tinta yang meluber lakukan cara-cara dibawah ini (dalam contoh ini saya menggunakan kasus pada printer Canon yang menggunakan infus);
1.      Untuk perbaikan (jika sudah meluber terlalu banyak) Anda bisa membuka printernya dan bersihkan sisa-sisa tinta tersebut. Jangan takut membukanya asalkan anda perhatikan setiap alat yang dibuka (mis sekrup harus dicatat dimana posisinya).
2.      Setiap infus tinta biasanya bagian atas terdiri dari 2 lubang besar dan kecil contoh pada infus printer Canon). Usahakan ketika tidak dipakai kedua lubang tersebut ditutup dengan rapat sehingga tdk ada udara yang masuk yg menyebabkan tinta meluber. Lubang kecil dibuka hanya ketika sedang ngeprint dan lubang besar dibuka hanya ketika sedang mengisi tinta.
3.      Jika printer sedang tidak digunakan usahakan posisi botol infus harus sejajar dengan printer dan botol tersebut tdk boleh diletakkan di tempat yg lebih tinggi daripada catridge printer agar tdk timbul tekanan menuju catridge sehingga tinta meluber.
  1. Setiap printer yg menggunakan botol infus (utk yg model lama) harus digunakan  utk ngeprint paling sedikit 1 lembar 1 hari. Ini bertujuan utk pembersihan catridge.
Cara bagaimana agar printer setelah di-refill tetap tidak terbaca. Lakukan langkah-langkah ini:

Cara Singkat;
  1. Dalam keadaan printer menyala, tekan terus tombol Resume selama 1 – 2 menit

  1. Setelah itu, buka penutup printer
  2. Lepaskan catridge dan kemudian pasang kembali
  3. Tutup Cover printer
  4. Mematikan printer
  5. Turn On lagi printer dan lihat hasilnya apakah Anda sukses.

Cara Panjang;
  1. Matikan printer, putuskan hubungan listrik dengan mencabut kabelnya dari stop kontak, kemudian cabut kabel USB printer dari komputer.
  2. Tunggu sekitar 25 detik.
  3. Masih dengan kabel listrik tidak terpasang (tidak tercolok ke listrik) dan kabel USB tidak tersambung ke komputer atau laptop , tekan dan tahan tombol power sekitar 5 detik dengan dengan salah satu jari Anda.

  1. Tetap tekan tombol power, lalu dengan tangan satunya pasang kabel listrik printer. Biasanya lampu power akan menyala warna hijau (tidak kedap-kedip).
  2. Tetap tahan tombol power sambil tekan juga tombol resume disebelahnya sebanyak dua kali dan pada tekanan keduan Anda tahan sehingga lampu hijau akan berganti menjadi hijau-orange-hijau.
  3. Setelah itu, lepaskan kedua tombol tersebut secara bersamaan dan tunggu hingga printer hingga sampai pada keadaan ready (ditunjukkan dengan lampu hijau menyala tidak putus-putus).
  4. Anda harus menghapus (uninstall) driver printer bersangkutan dari komputer.
  5. Setelah uninstall, hubungkan printer ke komputer.
  6. Komputer akan menlakukan auto-detect printer anda sebagai printer baru.
  7. Selanjutnya silakan install kembali driver printer Anda. Ini dimaksudkan agar komputer mengenali printer tersebut sebagai printer baru.
  8. Jika proses install selesa maka harapan saya adalah masalah printer Anda akan terselesaikan.
Agar supaya hasil reset nya permanen dan tidak berulang blinking kembali download dulu software GENERAL TOOL di sini :
adf.ly
sharebeast 
www.ziddu.com

Lakukan langkah nya sebagai berikut :
step by step
  1. Pastikan attribut semua file terbebas dari Read Only.
  2. Jalankan GeneralTool.exe GeneralTool iP1900 yang telah di download
  3. Pada USB Port pilih Port printer yang terhubung ke komputer anda.
  4. Klik tombol Lock Release
  5. Pilih (centang) EEPROM CLEAR
  6. Sediakan kertas kosong untuk print. Lalu Klik tombol Test Pattern 1
  7. Selesai mereset matikan printer kemudian nyalakan kembali printernya
  8. Selesai Printer IP1900 anda normal kembali.
Sedikit tambahkan lagi karena masih banyak yang belum berhasil ketika mereset printer 1980 yaitu ketika setelah selesai mereset pada tahap ke 6. setelah selesai mereset dan mematikan printer kemudian menyalakan kembali printernya lampu indikator pada resume masih berkedip kedip lama sekali. ini dikarenakan comand main dan platen pada software reseternya gak di pencet. Jangan lupa pencet tombol main dan platennya kalo ketika selesai mereset tapi indikator resume berwarna hijau dan berkedip-kedip berkali kali lama sekali. coba direset lagi dan pencet tombol main dan platennya.

Silakan ujicoba printer Anda dengan test print.

CATATAN :
  1. Agar kasus printer penuh tinta ditolak komputer tidak terjadi lagi, isilah tinta sebelum tintanya benar-benar habis.
  2. Dalam percobaan diatas, pada cara singkat saya gagal dua kali baru berhasil dan pada Cara panjang saya mengalami kegagalan satu kali barulah berhasil.
  3. Berdasarkan pengalaman pribadi Saya sarankan untuk menggunakan cara yang kedua yaitu metode cara panjang karena untuk mencegah tidak terdeteksinya catridge karena kesalahan pelepasan yang berefek pada kerusakan chip catridge.

Silahkan coba, semoga dua-duanya berhasil.



Demikian tips yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat untuk para BLOGGER LOVERS semua.Terima Kasih untuk ‘’ YOSI dan RIZKY’’ atas atensinya maaf braaaaaay saya sebut MERK, hehehehehehe.

Feri 


9 komentar:

  1. Tetap kritik dan saran nya ditunggu....

    BalasHapus
  2. Trims bgt atas infony sangat membantu sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Ok Sama2, senang bisa saling bantu bagi tips.

      Hapus
  3. General Tool nya ga bisa di download gan ....,

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah... Trims gan printer ane sehat lagi

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah... Trims gan printer ane sehat lagi

    BalasHapus
  6. kalau blik 3 x bergantian itu knpa yha gan

    BalasHapus